Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Monday 13 May 2013

Tips Melakukan Observasi Langit

image
  • Persiapkan secara matang bila anda akan melakukan pengamatan di daerah yang cukup jauh
  • Bawalah Star Chart, bila anda memiliki komputer laptop, akan lebih bermanfaat dalam merencanakan, karena dengan software dapat dilakukan simulasi berdasarkan tanggal dan waktu yang akan anda lakukan.
  • Bila anda menggunakan software, alat GPS akan sangat berguna untuk meng-input posisi dan ketinggian ke dalam software sehingga real-time star chart akan semakin akurat. Alat GPS ini biasa juga dilengkapi kompas elektronik yang akan sangat berguna.
image
  • Bawalah senter – jangan yang terlalu terang. Mata kita membutuhkan sedikitnya 30 menit hingga satu jam untuk beradaptasi dengan gelap. Bila saat demikian anda menyalakan senter yang sangat terang, sepanjang 30 menit berikutnya pengamatan anda tidak akan optimal
  • Tentukan eyepiece yang akan anda bawa. Idealnya paling tidak satu eyepiece dapat digunakan untuk wide-field viewing (pembesaran kecil) dan dua atau tiga buah untuk pembesaran yang lebih besar. Bila anda merencanakan untuk mengamati DSO, jarang sekali digunakan pembesaran di atas 100x kecuali teleskop anda berdiameter di atas 10 inci.
  • Tripod sebaiknya yang sekokoh mungkin, namun pertimbangkan berat juga. Bila anda menggunakan teleskop kecil (60-80mm refraktor), photo tripod sudah mencukupi. Lebih baik membawa peralatan yang ringan dan kompak dan sering digunakan ketimbang berat dan canggih namun membuat kita malas menggunakannya.
  • Di beberapa daerah dataran tinggi seperti Pengalengan, Sukabumi, dan Puncak suhu di malam hari hingga menjelang subuh dapat mencapai 15-17 derajat Celcius. Rencanakan dengan baik outift yang akan anda gunakan.
image
  • Bepergian secara beramai-ramai juga akan menyenangkan – selain akan membawa rasa aman lebih di daerah yang terpencil. Astronomi akan lebih mengasyikkan bila lebih banyak orang bisa menikmatinya.
  • Binocular akan sangat berguna untuk menyusuri langit sebelum menggunakan teleskop. Beberapa obyek juga akan tampak lebih menarik dengan binocular karena exit pupil yang lebih besar sehingga cahaya lebih kuat.
  • Usahakan untuk menggunakan tas yang kedap air untuk membawa peralatan kecil seperti eyepiece, adapter, diagonal, dll.
  • Saat anda sudah cukup familiar dengan proses observasi, mulailah untuk mengamati benda langit secara sistematis. Mulai dengan ‘memburu’ sebanyak mungkin obyek Messier, planet-planet yang beredar saat malam, dan kemudian obyek-obyek besar yang termasuk dalam New General Catalog (NGC). Di luar itu masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan – perjalanan masih panjang!, selamat mencoba bagi pencinta astronomi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Blog Archive