Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Sunday 21 December 2014

Pengalaman Admin di Blog Selama 2 Tahun

image
Oleh: Raga Adi Nurrohman

Saya adalah penulis di blog, begitupun anda juga. Saya adalah pembaca blog orang lain, begitupun juga anda. Saat kita menulis artikel, maka hal terutama yang kita harapkan adalah, bahwa orang-orang yang membaca artikel kita mendapatkan manfaat dari apa yang kita tulis, dan dapat membantu mereka.

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa blog adalah salah satu sumber bacaan bagi banyak orang di dunia selain website. Oleh karena itu, sejatinya saat kita menulis, kita mengutamakan kejujuran, agar kita tidak menyesatkan para pembaca. Untuk topik blog, itu adalah kewenangan para blogger sendiri, mau diisikan artikel apa di dalam blog yang dikelola tersebut.

Saat saya belum mempunyai blog dan masih minim sekali ilmu saya tentang blog, saya hanyalah seorang yang sangat senang membaca blog orang lain, dan men-copas artikel orang lain yang menurut anggapan saya artikelnya itu bermanfaat bagi saya. Dan tentu saja, tidak jarang saya pernah menemukan blog yang tidak bisa dicopas artikel nya.

Setelah banyak kali saya menyusuri blog-blog orang lain di dunia maya lewat google, ada ketertarikan tersendiri bagi saya untuk membuat blog, dan menuliskan artikel di dalamnya. Pada kuarta pertama saya membuat blog, kalau tidak salah sekitar tahun 2012, saya masih seorang blogger pemula yang sangat sederhana kala itu, bahkan tidak tahu apa-apa mengenai blogger dan wordpress secara mendalam. Kemudian untuk seterusnya, saya coba dan perintahkan kepada diri saya sendiri untuk “iseng-iseng” menulis artikel di blog yang baru saya buat. Seiring dengan waktu, artikel saya bertambah banyak waktu itu, tetapi masih sebatas artikel-artikel sederhana saja.

Setelah artikel saya bertambah banyak, saya mencoba memusatkan perhatian saya kepada tampilan blog. Alhamdulillah saat itu saya memiliki teman dengan pengetahuan luar biasa dalam dunia blog dan website, padahal teman yang mengajari saya pada saat itu masih kelas VIII, teman sekelas saya dulu saat masih di Madrasah. Ilmunya sangat jauh dibandingkan dengan saya. Saat itu, Ia sudah mengenal bisnis online, SEO (Search Engine Optimation), Template, CSS, Kode HTML, dan lain-lain. Terima kasih teman, sudah ajari saya.

Tentu saja, dia, sebut saja namanya Dimas N.A, mengajari saya bagaimana tentang mendesain blog, dan menulis artikel dengan sedikit “profesional”. Saya pun langsung menganggukkan kepala saya kala itu, dan memulai belajar bersamanya. Hingga sudah sangat lama kami berdua saling sharing mengenai blog sampai software-hardware pun kami jadikan topik pembicaraan kala itu.

Padahal, Dimas mengajari saya dalam hal desain template blog itu hanya dengan menggunakan bebrapa kalimat sederhana, “Raga, kalau kamu ada yang nggak tau tentang cara-cara untuk bagusin blog kamu dan kamu penasaran mau tau betul, search aja di google, pasti ketemu.” Dan kata-kata itu saya ingat betul hingga sekarang.

Sampai-sampai, suatu kali ketika blog ini saya rasa sudah cocok di mata saya desain dan templatenya, Ia pernah menawarkan kepada saya untuk belajar tentang advertise dan pasang iklan di blog. Bahkan buku-bukunya sempat saya bawa pulang untuk saya baca, tetapi, tidak ada satupun ilmu tentang advertise yang “nyangkut” di pemahaman saya. Alhasil, saya tidak melanjutkan pembelajaran itu, hingga sekarang.

Singkat kata singkat cerita, sayapun berpisah dengannya saat mau melanjutkan pendidikan dari MTs ke SMA/MA. Dia masuk di MA, dan saya di SMA. Dan saya pun memulai untuk belajar mandiri kali ini.

Mulai awal November 2013 kemarin, sebenarnya saya sudah belajar secara mandiri. Belajar secara mandiri ini saya pusatkan pada desain template dan penulisan artikel. Hingga saat itu, sampai seterusnya saya sudah putuskan inilah template yang desainnya paling cocok bagi saya, dan beginilah gaya penulisan artikel di blog saya yang akan saya gunakan. Anda dapat melihat hasilnya saat ini, di mana inilah desain blog saya beserta widget-widgetnya, dan beginilah gaya penulisan saya, yakni sedikit formal (Contoh: saya menggunakan Anda dan Saya, bukan ane dan gan).

Tahukah anda, dulu saya pernah menerapkan script anti copas di blog saya agar para pembaca tidak dapat men-copas artikel saya. Tapi ternyata saya salah. Belajar dari pemahaman agama saya dan melihat dari komentar-komentar pembaca yang banyak positifnya, membuat saya untuk menghapus script anti copas tersebut. Dan semakin dewasa, akhirnya saya paham sekarang, bahwa menyebarkan ilmu itu tentu saja akan mendapatkan pahala dari Allah. Itulah tujuan blog saya, sesuai namanya, Pengetahuan Inspirasiku, untuk menyebarkan ilmu kepada semua orang dengan pengetahuan dan kejujuran.

Tentu saja, tidak selamanya pembaca akan senang dengan blog saya. Jujur, blog saya pernah dikomentari oleh orang-orang dengan kata-kata kasar dan tidak sopan. tetapi, apalah daya, saya serahkan semuanya kepada Yang Kuasa, dan saya maafkan dia. Saya sadar, inilah kehidupan blogger, menuntut saya harus kuat mental, itu salah satunya.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih kepada Allah swt., yang telah membimbing saya dalam kebaikan, dan Dimas Nashiruddin Al-Faruq (DNA), yang sudah mengajari saya, semoga jadi amal jariyah untukmu.

Sekian dari cerita saya, semoga pengalaman saya bermanfaat untuk Anda semua. Salam pengetahuan yang menginspirasi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Blog Archive