Thursday, 20 June 2013

Komik Rainbow: Perjalanan hidup Motivasi 7 Pemuda

Di zaman sekarang ini, siapa sih yang nggak pernah baca komik??? Pasti semuanya pernah dong. Masa hari gini masih gapkom (Gagap Komik), hehehe….

Sebenarnya, disini saya ingin berbagi cerita kepada sahabat sekalian….semuanya pada tau kan komik RAINBOW, keluaran Level Komik itu lho…yang ceritanya semuanya saya kagumi. Dan tahukah sahabat, mengapa saya mengagumi Komik buatan George Abe dan Masasumi Kakizaki yang pernah meraih penghargaan manga Shogakukan ke-51 tahun 2006 ini???

Saya sangat mengaguminya karena jalan cerita yang dikarang George Abe dan digambar oleh Masasumi Kakizaki ini penuh dengan kehidupan yang penuh dengan persahabatan, dengan melawan jalan kehidupan yang tragis. Saya sendiri saja sering nangis kalau baca yang vol 11 (tentang Serdadu).

Komik ini mengisahkan 7 Remaja yang di jebloskan ke penjara. Mereka berada di gedung 2 sel 6, dimana para tujuh pemuda memiliki persahabatan yang tinggi. Tepatnya awal manga ini mengisahkan tentang kehidupan 6 orang remaja yang dijebloskan ke Lembaga Permasyarakatan Remaja Shonan, dimana para remaja yang melakukan kejahatan diluar aturan dijebloskan ke lembaga ini.

Mereka berenam kemudian dipertemukan dengan Rokutaro Sakuragi, yang kemudian dipanggil dengan sebutan abang. Awalnya pertemuan mereka diselingi oleh perkelahian dan tidak kepercayaan tapi abang yang punya kesetiaan kawan yang tinggi membuka kepercayaan ke 6 pemuda yang hilang rasa jiwa yang hidup. Padahal baru kenal, bayangin aja, gimana gak seru nih cerita, persahabatan yang baru saja dijalin sudah bersumpah mati untuk saling melindungi.
 
Di sel ini, mereka bertujuh memulai persahabatan mereka, dan berjanji 2 setengah tahun kemudian akan keluar bersama-sama menikmati hangatnya musim semi. Itu janji abang kepada 6 orang sahabat barunya. 


pengenalan singkat ke 7 orang remaja itu mungkin bisa digambarkan seperti ini:


Gambar Sinopsis
image ROKUTARO SAKURAGI atau biasa dipanggil Abang.

Dia yang pertama berada di sel 6 sebelum para ke enam lainnya masuk.

dia sangat dewasa, setia kawan bangeet, kuat dan tegar!! Rela mati demi temannya, keren. Menjadi teladan bagi ke 6 pemuda ini,  maka dari itu dipanggil abang.
image
MARIO MIKAMI atau biasa dipanggil Mario

Sangat terobsesi dengan abang, dia anak yang keras kepala diantara yang lainnya, serius dalam suatu hal, dan sangat berjuang keras.
image
MATSUURA MANSAKU atau biasa dipanggul Kubis

Karna dia sangat gendut dan banyak makan, teman-teman memanggilnya Kubis, seperti sayuran yang bernutrisi penuh, Kubis senang dengan sebutan itu.

Kubis sangat baik hati, dan anaknya perhatian dan lembut, ohya, dan juga sedikit cengeng, fufufu...tapi liat aja ntar dia besarnya jadi apa, fufufu
image
JOE YOKOSUKA atau biasa dipanggil Joe

Joe anak yang tegar, dia anak yang setia kawan dan lembut dan pengertian.

Jika yang lain terancam Joe selalu bertindak cepat.

Dia juga anak yang tampan dengan mata birunya, emang kereeen!!
image
NOMOTO RYUUJI atau biasa dipanggil Baremoto

Diantara lainnya dialah yang paling pintar, dia pintar merencanakan semuanya, dan kadang sedikit egois dan keras kepala. Kadang dia yang agak cuek tentang segala hal.
image
MAEDA NOBORU atau biasa dipanggil Penyu

Sangat paling pengertian diantara yang lain.

Dia sangat setia kawan berjuang apapun bahkan nyawa taruhannya.
Dia selalu membantu semuanya.
Penyu juga sangat cerdik bernegosiasi terutama dalam masalah uang.
image
TADAYOSHI TOYAMA atau biasa dipanggil Serdadu (Cerita yg paling saya suka)

Serdadu, ya, dia ingin sekali menjadi serdadu yang berguna, atau tentara pembela negaranya.

Itu dikarenakan obsesi yang ingin seperti ayahnya yang membela negara, makanya teman-temannya memanggilnya serdadu sampai mereka dewasa.


Ya, itulah sedikit paparannya. Pokoknya kalau kamu udah baca, nggak akan bosen untuk mengulang-ulang baca lagi..di jamin.


Ini komik benar-benar bikin pembacanya terharu banget!!! sumpah deh…


Kalau menurut saya, moment yang paling saya suka dan terharu banget dalam semua komik ini adalah pada saat Tadayoshi Toyama memperjuangkan nasib seorang anak kecil dari luapan sungai dan kencangnya badai serta derasnya air hujan. Demi anak itu, Ia menggendong dan membawanya ke dataran yang lebih tinggi. Padahal dirinya pada saat itu juga dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Dirinya sendiri saja sedang berjuang mati-matian melawan sakitnya tulang rusuknya yang patah dan mencederai perutnya, akibat melawan derasnya arus. Tetapi, ia lebih mempedulikan nasib anak yang di gendongnya. Pokoknya nggak bisa digambarkan dengan kata-kata deh, sumpah, air mataku banjir saat baca komiknya.


Dan momen paling bersemangat adalah dimana mereka beraktifitas diluar lembaga, ketujuh pemuda ini sedang istirahat dibawah pohon, satu-satunya pohon yang tumbuh besar dan rindang diantara tempat panas itu. kemudian mereka menorehkan impian-impian mereka di pohon besar itu satu persatu.


Abang , menorehkan, semoga menjadi juara boxing dunia. . .
Serdadu, menjadi tentara yang kuat. . .
Baremoto, menjadi orang kaya. . .
Penyu, disukai banyak wanita . . .
Kubis, makan semua makanan yang lezat . . .
Joe, menjadi penyanyi terkenal. . .


bagaimana dengan mario ?


ahh kebetulan saat itu sipir penjara memanggil mereka semua,dan mario menyuruh ke 6 sahabatnya masuk duluan.


lalu mario hanya menulis kalimat "semoga impian mereka tercapai"

wah sepertinya mario benar-benar merasa dirinya tidak punya tujuan saat itu.


So, banyak banget hikmah yang dapat kita ambil dari komik ini, antara lain:


~Banyak sekali cerita moral yang bisa diambil
~Menceritakan tentang persahabatan yang erat, rasa saling percaya,dan
rela berkorban diantara para tokoh.
~Gambar yang mendetail, ekspresi, dan watak para tokoh yang digambarkan
jelas dan kuat
~Memberi pelajaran bagi kita tentang harapan dan perjuangan pantang
menyerah.
~Konfliknya tidak monoton/tidak itu-itu saja


Hanya saja kekurangan dalam manga ini mungkin karena adanya sedikit adegan kekerasan dan dewasa. (namanya juga komik dewasa)


Dan yang saya sukanya lagi, di bagian terakhir dari chapter komik ini, George Abe selalu menulis serpihan perasaannya. Entah itu sedih, senang, gembira, melankolis….pokoknya banjir deh air mata.


Untuk kalian yang punya komik ini, nggak ada ruginya deh. Disini kita bisa dapat banyak motivasi untuk menjalankan hidup.


Ya, sekian dulu ya…untuk pecinta komik RAINBOW.


Salam pengetahuan yang menginspirasi….

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.