Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Monday 17 June 2013

Efek Samping Menjalankan Software/Game Berat

Anda semua pasti pernah menjalankan Software/Game yang ukuran dan spesifikasinya tinggi atau tidak sesuai dengan Spsifikasi PC anda. Apakah berbahaya? Tentu Saja, tergantung Spesifikasi PC Anda itu sendiri, mumpuni atau tidak.


Sebagai Contoh, saya memainkan Game PES 2013 yang relatif berat. Hal-hal yang memenuhi syarat/System Requirements untuk bermain PES dengan lancar adalah sebagai berikut.
image

Sedangkan Spesifikasi Laptop saya seperti gambar di bawah.

image

Itu berarti, saya termasuk dalam Spesifikasi minimum dalam bermain PES 2013. Padahal Spesifikasi Notebook saya termasuk bagus, tetapi untuk bermain PES 2013, kurang mumpuni. Dan sebenarnya, untuk lebih baiknya saya tidak memainkan Game tersebut karena Notebook saya tidak mempunyai spesifikasi yang maksimal untuk memainkan game tersebut.

Tapi karena anda yang mempunyai PC, terserah kepada anda. Tetapi untuk menjaga Kesehatan atau menjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda perhatikan terlebih dahulu spesifikasi PC anda sebelum memainkan Software/Game yang ingin anda jalankan.

Efek Samping

Beberapa Efek samping biasanya terjadi pada PC anda jika Spesifikasi PC anda tidak mumpuni dalam menjalankan Software/Game berat. Efek samping ini dapat timbul jika anda memainkannya terus menerus tanpa mengistirahatkan. Beberapa Efek Sampingnya yaitu:
  • Layar menjadi terbelah dua (ada garis tengah berwarna blue turqoise pada layar desktop anda) seperti gambar dibawah
image
  • PC anda menjadi Lelet.
  • Kerusakan Serius, dapat merusak system-system PC anda (jarang terjadi).
  • PC anda sering not responding.
  • PC anda sering Hogging CPU (Pemakaian CPU hingga 100%)
  • Processor Pada PC anda dapat dengan cepat mengalami temperatur tinggi (Suhu panas).
  • Baterai Lebih Cepat habis (Pasti).
  • Dapat mengakibatkan Consider Battery tidak sesuai waktunya.
  • Kerusakan Serius, dapat membuat BSOD (Blue Screen on Death) muncul atau PC merestart sendiri.
Itulah beberapa efeknya. Dan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa triknya.

Trik & Cara Pencegahan
  • Gunakan CoolFan (Kipas Pendingin Laptop, biasanya di letakkan di bawh Laptopnya). Gunanya untuk mendinginkan dan mengurangi Temperatur yang tinggi pada CPU anda pada saat menjalankan Software/Game berat.
  • Hindari memainkan Game berat sambil men-charger Laptop/Notebook anda pada saat baterai sedang terpasang. Karena ini dapat mengakibatkan Consider pada Baterai anda, atau bahkan bisa meledak (Seperti yang teman saya alami). Atau jika anda anda ingin bermain sambil men-charger Laptop anda, lepaskan baterainya terlebih dahulu.
  • Untuk memainkan Software/Game Berat, saya punya triknya nih. Misalnya PC anda mempunyai spesifikasi seperti punya saya di atas. RAM, VRAM, dan GPU saya mendukung untuk menjalankan game berat. Tetapi Processornya tidak mumpuni. Nah, disini anda dapat mengganti processor anda dengan processor yang mempunyai kecepatan lebih tinggi.
  • Atau jika Processor anda yang mumpuni, dan RAM anda yang tidak, tinggal menambahkan RAM sebanyak-banyaknya. Agar RAM dapat mengimbangi performa CPU yang lambat.
Terakhir, karena RAM dan CPU mempunyai kaitan yang kuat, anda dapat mengkira-kira keduanya saat bermain game berat. Misalnya:
  • CPU dan RAM nya sama-sama tinggi. Paling Direkomendasikan
  • CPU Rendah, RAM Tinggi atau sebaliknya. Rekomendasi Minimum.
  • Kedua-duanya rendah. Sangat tidak direkomendasikan.
Untuk GPU atau Graphic Card, ini yang harus paling mumpuni dalam menjalankan Game berat

Sekian dahulu, pembahasan lebih lanjut akan saya bahas minggu-minggu selanjutnya. Semoga artikel diatas bermanfaat!! Salam Pengetahuan yang Menginspirasi.
Share:

2 comments:

  1. Bro BSOD Bukan *on Death tapi *of death

    ReplyDelete
  2. Kalo udah terlanjur kena efeknya apa masih ada solusi buat ngebenerinnya?

    ReplyDelete

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Blog Archive