Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Thursday 1 January 2015

Renungan: Belajar dari Refleksi Angka 0 dan Angka 1

Bismillah-Alhamdulillah, Selamat Membaca
Renungan ~ Angka 0 dan Angka 1 nampaknya sudah tidak asing di telinga dan di mata kita. Bahkan anak kecil berumur 3 tahun pun pasti mengerti yang mana angka 0 dan yang mana angka 1.

Semenjak saya duduk di bangku sekolah, dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah sekarang, angka 0 dan angka 1 tidak pernah tertinggal dan keduanya hampir ada di dalam semua mata pelajaran, terlebih dalam bidang studi Matematika-Ilmu Alam.

Dalam Ilmu pemrograman pun saya pernah pelajari, bahwa angka 0 dan 1 merupakan suatu basis kode untuk menjalankan suatu perintah dalam sistem operasi tertentu.

image

Namun, sudahkah kita belajar dari kedua angka tersebut? Pernahkah kita merenungi kedua angka tersebut saat kita sedang menghitung, atau bahkan dalam keseharian kita? Pernahkah kita pikirkan kedua angka tersebut melebihi status mereka sebagai salah satu dari sekian banyak angka?

Jika kita lebih banyak mengkaji ilmu secara mendalam dan tidak hanya melihat pada “dasarnya” saja, sesungguhnya kita akan menemukan banyak sekali makna-makna di dalamnya.

Inilah refleksi (makna) kedua angka tersebut.

image

1 Adalah Allah; Dia-lah yang Maha Segalanya; Yang menciptakan seluruh alam semesta tanpa bantuan siapapun; Tuhan satu-satunya, Tiada Tuhan selain Allah; Yang Maha menurunkan kasih sayangnya serta ampunannya kepada siapapun hamba-Nya yang dikehendaki Dia; Yang Maha menimpakan bencana (sebagai cobaan dan ujian naik kelas) dan azab (sebagai peringatan dan balasan) kepada hamba-Nya; Hanya Dia yang patut sombong; Segala-galanya adalah kepunyaan-Nya.

0 Adalah manusia; makhluk yang sangat lemah, dan sangat terbatas; Makhluk yang sangat hina dan tidak memiliki apapun selain yang dipinjamkan kepadanya; Manusia selalu merasa bahwa semua adalah miliknya, padahal sebenarnya ia tidak memiliki apa-apa. Manusia seringkali hidup selamanya. Padahal setiap detik, ajal akan terus mendekat kepadanya. Manusia terkadang makhluk yang selalu percaya bahwa keberhasilan yang ada pada dirinya karena kehebatannya, padahal Allah dapat mencabut itu semua dari dirinya kapan saja. Manusia bisa jadi merasa dia adalah yang paling baik, Ia tidak menyadari bahwa Allah-lah yang menutupi segala aib yang ia miliki.

Begitu sederhana angka dari 1 dan 0. Tetapi dibalik itu semua, memiliki refleksi yang cukup kuat dan menggetarkan bagi orang-orang yang berfikir. Allah swt., berfirman:

إِنَّ فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ لَأَيَـٰتٍ۬ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ

Artinya: “Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda [kekuasaan Allah] untuk orang-orang yang beriman.” [QS. Al-Jatsiyah/45:2]

Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishshowwab./Bahasa oleh Admin, dinukil dari buku Beyond The Inspiration.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter