Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Sunday 30 November 2014

Cara atasi Aspire one AO756 yang tidak dapat membaca memory card setelah di upgrade ke windows 8, 8.1, 10

image image

Berapa banyak saudara saya yang masih memakai notebook aspire one yang satu ini? mungkin saja masih banyak penggunanya ya, termasuk saya juga.

Saya senang sekali, pasalnya Aspire one AO756 yang saya pakai ini bisa diupgrade hingga OS terbaru dari windows, yaitu windows 10 Technical Preview. Walaupun termasuk laptop keluaran lama, tetapi sampai saat ini, benar-benar kuat dan upgradable ke sistem operasi yang terbaru. Alhamdulillah.

Tapi, ada satu problem yang datang setiap kali saya mengupgrade sistem operasi (OS) dari notebook saya ini, yakni tidak dapat membaca memory card. Padahal, saat pertama kali Aspire one ini saya beli dan masih menggunakan OS Windows 7, Aspire one ini masih bisa membaca SD Card atau memory card dengan lancarnya melalui slot yang ada langsung di notebooknya (sudah built-in di notebooknya). Tetapi, semenjak saya mengupgrade OS nya ke windows 8, windows 8.1, hingga sekarang saya mengupgradenya ke windows 10 TP, slot memory card yang ada di laptop tersebut tidak dapat membaca memory card saya lagi. Kejadian ini terjadi saat saya memasukkan memory card kamera saya ke dalam slot memori notebook, tetapi alhasil, tidak dapat terbaca sama sekali.

Awalnya saya bingung, karena pada saat saya menginstal laptop teman-teman saya, laptop mereka masih bisa membaca memory card walaupun sudah saya upgrade-kan ke windows 10. Sedangkan notebook saya, tetap seperti itu, tidak bisa membaca memory card.

Akhirnya, setelah saya searching-searching di internet, saya mendapatkan driver memory card agar Aspire One saya dapat membaca memory card lagi seperti dulu. Dan alhamdulillah, kini notebook saya dapat membaca memory card lagi. Sayapun menyadari bahwa di aspire one, untuk menggunakan memory card maka kita harus menginstal drivernya secara manual, karena sistem operasi terbaru tidak dapat mendeteksi keberadaan  slot memory card di aspire one secara otomatis.

Prosedur

Jika anda mempunyai masalah seperti cerita saya di atas, anda bisa ikuti panduan di bawah ini.

Tested on: Acer Aspire One AO756
Operating System: Windows 10 TP x86
Note: Sesuaikan Setup dengan bit pada windows (x86 atau x64)

1. Buka link di bawah ini. (silahkan pilih salah satu)

No Website Link
1. ACER INDONESIA acer-logo
2. ACER SUPPORT CENTRE acer-logo

2. Setelah jendela website terbuka, akan ada banyak pilihan download driver di sana, silahkan pilih Card Reader Driver.

image

image

3. Tunggu hingga download selesai, dan lakukan instalasi. Anda dapat menemukan file installer dengan membuka folder satu persatu, dan jika anda menemukan setup.exe , anda harus menginstalnya.

image

4. Pasangkan memory Card anda di slot nya, dan lihatlah hasilnya.

image

image

Jangan lupa, kalau ada langkah-langkah yang tidak dimengerti seilahkan berkomentar. Kalau berhasil, komentar juga ya. Semoga membantu. Salam pengetahuan yang menginspirasi !!!
Share:

4 comments:

  1. maaf sblumx, sya mau nanya nih, notebook sya jga AO756, apakah AO756 Suport klw di instal widows 10, sya skrang pkai windows 10, tapi ada teman sya, negur pas saya instal windows 1o, katanya notebook sya nggak suport klw di instal windows 10, di tunggu jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, sangat bisa. hanya memang di website acer, secara resmi ao756 hanya mentok sampai windows 8.1 aja, bgtupun driver yg tersedia di dalamnya hny support sampai windows 8.1 sj. tapi kalau diinstal Windows 10 tetap bisa, saya sudah pakai setahun lebih berjalan di atas windows 10 dan aman-aman saja (asalkan ram 4gb) namun ada minus sedikit, prosesor saya jd cepat panas ketika pakai windows 10,ini dikarenakan prosesor sandy bridge yg digunakan di ao757 sdh terlampau jadul utk menopang os terbaru windows 10 walau sebenarnya masih bisa menjalankam windows 10,bahkan lancar di laptop saya.

      Delete
  2. Ga ada driver ya pake driver peck aja

    ReplyDelete

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter