Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Saturday 23 February 2013

KKM Tinggi Jadikan Motivasi

Sebenarnya, fungsi KKM dalam pendidikan itu sangat besar. Tetapi apa yang teman pikirkan jika sebuah mata pelajaran KKM nya diatas tinggi? wah tentu sangat memberatkan teman-teman yang masih mendudukui bangku sekolah. Tetapi, disisi lain ada gunanya lho, gunanya disini adalah memacu para siswa agar belajar lebih baik dengan mengejar nilai minimal, ‘pas’ dengan KKM. Selain itu, KKM yang tinggi juga menguntungkan banyak para siswa. Mengapa? Karena nilai yang didapat insya Allah diatas KKM semua, ini sangat membantu dalam pembagian nilai pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah nanti. Misalnya kalau nilai ujiannya jelek, bisa dibantu dengan nilai harian yang tinggi tersebut. Tapi, semoga sobat semua nilainya bagus-bagus, amiiin….
Dengan KKM yang tinggi tersebut, Siswa dan Siswi disekolah saya saling bersaing untuk mendapatkan nilai diatas KKM tersebut. Walaupun untuk mata pelajaran yang sulit sekalipun. Misalkan Penjasorkes dan Matematika (bagi beberapa orang itu dinilai sulit). Dengan begitu, Semangat motivasi belajar akan semakin tinggi. Jadi, bagi sobat yang sekolahnya menerapkan KKM tinggi seperti contoh diatas, jgn jadikan itu sebagai boomerang untuk bunuh diri, tapi jadikan motivasi yang selalu berada menemani kita.

Share:

2 comments:

  1. Assalamu alaikum. Bagusnya nilai KKM dihapuskan saja. Untuk penilaian yang obyektif. Karena KKM tidak mencerminkan kompetensi siswa yang sesungguhnya. Trm kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak memang benar, kompetensi yg sebenarnya seharussnya jgn dilihat dari nilai formal kkm saja, tetapi dari nilai karakter dan keterampilaan siswa tersebut.

      Delete

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Blog Archive