Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Thursday 5 February 2015

Dirimu Memiliki Banyak Waktu Luang? Bersyukur dan Berbahagialah

image
INTERMEZO

Kehidupan manusia tidak  dapat dilepaskan dari yang namanya kesibukan. Seluruh hal yang mengililingi manusia rata-rata adalah kesibukan, yakni berbagai Aktivitas yang padat, terus-menerus dilakukan bahkan secara kontinyu, dengan sedikit jeda serta terus berlangsung, hingga terkadang kita merasa lelah untuk menjalani kesibukan itu.

Tapi tahukah Anda, tidak semua orang di dunia selalu dalam kesibukan. Ada orang-orang di luar sana yang mungkin lebih banyak memiliki waktu luang dari pada kesibukan-kesibukan. Terkadang mereka sampai bosan karena sangking banyaknya waktu luang dalam hidup mereka. Mereka bingung ingin mengisi waktu luang tersebut dengan apa.

Tanpa mereka sadari, mereka membuang-buang waktu luang tersebut, na’udzublillah. Padahal waktu luang merupakan salah satu kenikmatan yang sangat luar biasa dari Allah azza wa jalla untuk hamba-hambanya, tersirat dalam sabda Rasulullah saw., pada HR. Bukhari nomor 5933.

Nah, dari nikmat yang Allah berikan berupa waktu luang ini, sudah sepantasnya kita mengisinya dengan hal-hal yang sifatnya menjurus kepada kebaikan. Tentunya hal yang menjadi prioritas kita ini adalah menggunakan waktu luang semaksimal mungkin untuk beribadah kepada Allah.

BAHASAN

Lalu, hal apa saja yang dapat kita lakukan dalam mengisi waktu luang selain dari beberapa hal yang saya sebutkan di atas? mari kita cari bersama.

1. Menulis

Ya, menulis. Menulis merupakan salah satu kegiatan yang tidak pernah terlepas dari diri kita selama kita hidup. Menulislah, dan terus menulis, menulis tentang ilmu-ilmu dan hal-hal yang Anda ketahui. Jangan menulis berdasarkan kebodohan dan ketidaktauhan, karena itu dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Sebagai contoh dari ilmuwan muslim, Ath-Thabari misalnya, merupakan seorang sejarawan yang juga sangat fakih dalam bidangnya, beliau dicatatat selalu menulis 40 lembar setiap hari selama 40 tahun hidupnya, Subhanallah.

2. Jangan Tidur

Ini dia, kebiasaan buruk sebagian dari kita, jika ada waktu luang malah diisi dengan tidur terus-menerus dengan berdalih ‘bosan dan bingung mau melakukan apa’. Tentu saja ini sangat tidak baik. Gunakan waktu luang Anda semaksimal mungkin dengan hal-hal positif, dan janganlah tidur dalam waktu yang berlebihan, karena itu tidak baik.

3. Membaca

Telah kita ketahui bersama, semua ilmuwan-ilmuwan di dunia ini cerdas karena mereka banyak melahap buku-buku dari segala penjuru. Mereka selalu mengisi waktu luang mereka dengan membaca buku, menambah wawasan, menambah pengehuan, dan menambah kekayaan intelektual.

Dan tentu saja bagi umat Muslim, bacaan yang sebaik-baiknya adalah Al-Qur’an Al-Karim.

4. Menghapal

Menghapal itu menguatkan ingatan, dan tentunya semua orang tahu akan itu, Dan akan lebih baik lagi jika kita mengisi waktu luang kita dengan banyak menghapal, terlebih jika menghapal ayat-ayat Al-Qur’an dan juga menghapal Hadits, Subhanallah.

5. Berdakwah

Dari beberapa hal yang telah saya sebutkan di atas, ini juga merupakan jalan yang baik untuk kita semua. Ada banyak sekali media-media sekarang ini, semua bisa kita jadikan lahan untuk menanam kebaikan dan mengajak semua orang kepada kebenaran. Berdakwah merupakan salah satu jalan yang sangat baik.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh hal yang dapat kita lakukan saat mengisi waktu luang. Silahkan dipirkan dan dicari sendiri.

Nah, terakhir saya ingin katakan, Berbahagia dan bersyukurlah Anda jika Anda memiliki banyak sekali waktu luang. Bagaimana bentuk-bentuk rasa syukur terhadap pemberian-Nya tersebut?, yaitu isilah dengan banyak beribadah kepada-Nya. kemudian sibukkan diri Anda dengan hal-hal positif, seperti meminta amanah kepada orang lain, dan sebagainya.

Akhukum, @RagaAdiN
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter