Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Sunday 29 November 2015

Review Windows 10 Pro TH 2 Build 10586

image

Sudah lama saya tidak merivew, dan kali ini Alhamdulillah saya bisa menulis lagi. Oke, kali ini saya akan mereview Windows 10 Pro Build 10586 atau yang kita kenal sebagai Windows 10 TH2. Banyak sekali fitur-fitur baru yang microsoft tanamkan di Windows 10 TH2 yang merupakan update mayor pertama untuk Windows 10.

Mungkin saya agak sedikit terlambat mereview ini berhubung sudah beberapa minggu yang lalu update mayor ini keluar. Tapi itu tidak akan menghalangi keinginan besar saya untuk sharing kepada pembaca semua.

Perlu diketahui bahwasanya review di build ini mungkin ada sedikit yang sama dengan review kemarin, karena fitur-fitur yang ada di dalam Windows 10 TH2 ini merupakan cakupan yang sudah ada di build insider kemarin. Tentunya bagi Windows Insider tahu apa-apa saja fitur barunya karena Insider sudah mencicipinya terlebih dahulu.

Oke langsung saja, mau tahu apa saja fitur barunya? Silahkan simak review nya di bawah.

1. Colored Title Bar
image

Di build final 10240 kemarin, Anda hanya bisa mengkustomisasi warna tiles di start menu, sedangkan warna title bar tetap putih, tidak mengikuti warna tiles di start menu. Namun di update November ini Anda bisa mengkustomisasi warna title bar. Namun, ketika Anda memilih untuk mengaktifkan warna pada title bar, taskbar, action center, dan start menu akan ikut berwarna pula dengan warna yang seragam.
CARA MENGAKTIFKANNYA:
Klik kanan di desktop >> Personalize >> Colors >>  Geser ke ON pada menu “Show color on start, taskbar, action center, and title bar”
Nah, di build ini microsoft menggunakan dark theme untuk setiap warna, sehingga dapat dilihat tulisan dan command di title bar akan berwarna putih.

UPDATE: Klik artikel di sini untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan warna khusus untuk title bar. (ACTION CENTER, START MENU, dan TASKBAR tidak ikut berganti warnanya)

2. Support pin tiles meningkat
image

Di build 10240, start menu hanya support tiles maksimal 512 buah. Sekarang, microsoft meningkatkan supportnya hingga 2048 buah.

3. Wallpaper Windows ketika Log in sekarang dapat dinonaktifkan
image

Di build 10240, Microsoft tidak memberi opsi pada pengguna untuk menonaktifkan walpaper windows 10 yang ada ketika login. Namun di update november ini microsoft memberikan opsinya
CARA MENGAKTIFKANNYA:
Klik kanan di desktop >> Personalize >> Lock Screen >>  Geser ke OFF pada menu “Show windows background picture on the sign-in screen”
4. Link Kustomisasi di Personalize Control Panel telah dikembalikan
image

Seperti yang telah diketahui bahwa sedikit demi sedikit microsoft ingin memigrasikan seluruh pengaturan di control panel menjadi terpadu di Settings App. Termasuk di build 10240 kemarin, microsoft menghilangkan cara untuk mengganti theme, wallpaper, dll. Namun di build ini, link itu sudah dikembalikan. Namun ketika di klik, akan menuju Settings App, bukan ke control panel lagi.

5. C: tidak lagi menjadi drive wajib penyimpanan Windows Store Apps
Ketika di build 10240 seluruh Windows Store Apps tersimpan secara otomatis di direktor sistem. di build 10586, Sekarang Anda dapat mengustomisasi mau disimpan di direktori mana Apps Anda.
CARA MENGAKTIFKANNYA:
Klik start menu >> System >> Storage >>  Silahkan ganti drive pada menu “New Apps will save to”

6. Peningkatan kinerja Microsoft Edge dan Windows Store Apps
image

Di build ini, Anda akan jarang menemui Windows Store Apps crash atau menutup sendiri. Seluruh modern apps di build ini telah ditingkatkan performanya, crash sudah diminimalisir dan side loading menjadi lebih cepat.

image

Microsoft Edge yang juga merupakan browser baru bawaan windows, juga membawa banyak fitur yang bagus, hanya kekurangannya tidak adanya add-ons. Di microsoft edge, resource terpisah pada setiap tab, sehingga ketika satu tab crash, tab lainnya tidak akan terpengaruh.

7. Apps Baru
image

Apps baru yang ditanampakan Microsoft diantaranya, Messaging, Skype Video, Phone, dan Microsoft Wifi. Messaging, phone, dan Skype Video dapat terintegrasi dengan skype dengan akun skype yang Anda punya.

8. Peningkatan Kinerja RAM
image

Seperti yang sudah saya bahas di review Windows 10 build 10525, fitur ini membawa perubahan baru dalam kinerja dan performa Windows, di mana performa menjadi lebih maksimal, dan penggunakan memori dapat ditekan.

Ya, itu saja review kali ini. Kalau pembaca ada menemukan fitur baru lainnya yang belum tertera di atas, silahkan berkomentar. Semoga tulisan saya ini bermanfaat. Salam pengetahuan yang Menginspirasi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter