Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Sunday 23 August 2015

Review Windows 10 Pro (Insider Preview) Build 10525

build 10525_2

Setelah sekian lama berada di build 10240 RTM, akhirnya saya dapat upgrade lagi ke build berikutnya sebagai windows insider. Microsoft memang benar-benar memperhatikan feedback dari insider.

Beberapa hari kemarin, sekitar 3 hari yang lalu tepatnya saya telah meng-upgrade windows RTM build 10240 saya ke windows 10 pro Insider Preview build 10525. Saya upgrade via windows update, dengan pilihan fast ring.

Perlu diketahui bahwasanya beberapa kawan saya di forum sebelah ada yang belum mendapatkan update ke build terbaru dari microsoft ini. Beberapa penyebab diantaranya adalah karena microsoft melakukan hal yang sama seperti saat upgrade ke build 10240 kemarin, yakni menggunakan siklus bertahap, di mana tidak semua Insider dapat mendownload build ini dalam satu hari secara bersamaan, melainkan secara bertahap.

Faktor lainnya karena pilihan slow ring. Jangan lupa pastikan Anda memilih pilihan fast ring agar mendapatkan update build ini.

Oke langsung saja, saya akan membagikan reviewnya kepada Anda semua. Inilah dia.

REVIEW

1. Title bar memiliki warna yang seragam saat di-personalize
image

Di build 10240, title bar masih terlihat putih walau Anda sudah mengganti-ganti color di dalamnya. Sehingga bermunculan tweak theme agar title bar windows 10 build 10240 bisa seragam saat kita memilih warna yang disukai. Namun, di build 10525 ini Anda tidak perlu menggunakan tweak. Microsoft telah mendengar keluhan Insider mengenai hal ini, dan sekarang sudah menambahkan fitur ini di build 10525. Tentu saja, sekarang title bar sudah memiliki warna lagi sesuai dengan warna yang kita pilih via settings (walau di netbook saya terkadang masih tidak seragam warna title bar dan live tiles).

2. Peningkatan performa pada resource memory (RAM)
image

Peningkatan di sini maksudnya bukan peningkatan penggunaan memorinya, melainkan peningkatan dalam memaksimalkan penggunaan memori tanpa membebani disk. Sehingga apa efeknya? tentu saja, multitasking berjalan lebih lancar, windows terasa lebih ringan dan mulus.

3. Peningkatan performa pada prosesor
image

Setelah saya meng-upgrade ke build 10525 ini, saya langsung benchmarking netbook saya. Dan sangat mengejutkan! Di build 10240 kemarin terbaca di Windows Experience Index (WEI) bahwa nilai prosesor saya hanya sebatas 5.1 dan sekarang naik menjadi 5.3. Dan pada sektor lainnya, nilai graphic saya naik 0.1 dari 4.6 menjadi 4.7. Ini menandakan microsoft benar-benar bekerja keras dalam perbaikan dan peningkatan performa pada bagian system dan peningkatan kinerja hardware untuk windows 10.

4. Tombol baru di Action Center.
image

Saya menemukan hal baru ketika membuka action center, yakni saya menemukan tombol project. Tombol project ini di build sebelumnya dapat dibuka dengan command di keyboard logo windows + P. Namun nampaknya microsoft menyadari bahwa itu hal yang cukup sulit untuk pemula karena harus repot menekan tombol shortcut dan tidak dapat ditemukan di action center. Tapi sekarang, project screen sudah tersedia di action center.

5. Multitasking Lebih Cepat
image

Inilah hal yang paling saya suka dari build ini, hampir-hampir tidak ada lag saya temukan. Semua berjalan mulus, bahkan lebih mulus dari build RTM-nya (10240).

================================================

Itulah beberapa hal baru yang saya temukan di windows 10 ini. Klimaksnya, pada build ini memang lebih banyak berfokus pada perbaikan dan peningkatan fitur. Untuk sektor tampilan, sepertinya memang sudah benar-benar sangat final dan tidak perlu perombakan lagi. Tapi jelas hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa microsoft akan terus mengembangkan interface windows 10 semakin baik lagi.

Sekian, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Link download untuk build ini akan saya sediakan nanti, Insya Allah. SALAM PENGETAHUAN YANG MENGINSPIRASI.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter