Mari membaca, mari menulis dengan jujur, mari kita menyebarkan ilmu pengetahuan.. LETS START >>>

Wednesday 9 January 2013

Cara Menghapal yang benar


Hapalan sebenarnya merupakan hal yang mudah.Maupun itu hapalan lirik lagu, pelajaran, bahkan Al-Qur’an sekalipun.Mungkin bagi orang-orang tertentu, hapalan sangat menyiksa.Tapi, janganlah berpendapat seperti itu sebelum mencoba. Contohlah anak-anak di Maroko. Anak-anak maroko mempunyai cara unik dalam menghapal suatu bacaan. Mereka
menulis bahan hapalan tersebut dalam suatu kertas.Ini karena menulis hapalan dapat memperlancar bacaan yang kita hapalkan.Mereka juga tidak akan berani menambah hapalan mereka sebelum lancar.karena kemungkinan akan dapat melupakan hapalan-hapalan sebelumnya(khusus hapalan Al-Qur’an).

Ini beberapa tips dari saya jika anda sedang menghapal:
·      Cobalah tulis hapalan yang anda ingin hapalkan berulang-ulang
·      Baca juga berulang-ulang
·      Jangan coba-coba menghapal  kalimat selanjutnya jika kalimat sebelumnya belum lancar sepenuhnya.Karena jika dilakukan dapat melupakan hapalan kalimat sebelumnya.
·      Berdo’a dan selalu berusaha semaksimal mungkin
·      Disarankan ada yang mendikte bacaan anda
·      Jangan tegang dan buru-buru ingin cepat menguasai hapalan tersebut.Karena kalau itu terjadi anda bisa kehilangan kesabaran.
·      Perbanyak belajar ilmu yang menggunakan rumus, karena ilmu yg menggunakan rumus harus dikerjakan dengan rumus tersebut.Jadi anda dituntut untuk dapat menghapal rumus tersebut jika ingin mengerjakan dengan mudah.

Jika ingin hapalan Al-Qur’an,caranya sama dengan diatas,tambahannya:
·      Jangan menghapal tanpa penentuan ayat.gunakan target,misalnya minggu pertama ayat 1-20,dst.
·      Hapalkan dengan didampingi guru yang ahli.
·      Jika tidak ada guru yang ahli,belilah CD murrotal Qur’an.Hapalkan sambil mendengarkan CD tersebut.Jika anda ada salah lafal, anda dapat mengetahuinya dan cara ini adalah cara yang paling tepat dan cepat digunakan.saya menggunakannya ketika masih di Tsanawiyah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.

Daftar Pengunjung

Flag Counter