Tuesday, 6 January 2015

Ilmuwan dan Sejarah: Siapa Penemu Angka 0-9 ?

image

INTERMEZO

Dunia kini tengah berkembang begitu pesat. Dewasa ini orang-orang di belahan dunia sudah mengenal teknologi yang sangat maju, sampai-sampai mungkin kita sudah lupa bahwa siapa-siapa saja yang menjadi penemu dan perintis teknologi-teknologi tersebut.

Di antara teknologi tersebut salah satunya adalah penemuan prosesor. Prosesor dalam “menginstruksikan” semua pekerjaan hanya mengenal dua angka saja, yakni 0 dan 1. Ya, dua angka itu saja, kita biasa menyebutnya bilangan biner (bahasa mesin). 0 diartikan sebagai tak adanya aliran listrik, sedangkan 1 diartikan sebagai adanya aliran listrik.

image

Namun, dari uraian singkat di atas, saya tidak akan menjelaskan prosesor lebih lanjut lagi. Dan sebenarnya, ada hal yang lebih penting lagi dari itu, yakni, siapa penemu angka 0 dan angka 1? atau lebih lengkapnya siapa penemu angka 0-9? yang bukan hanya digunakan oleh prosesor saja, tetapi manusia gunakan juga dalam sehari-hari!

Oke, mari Saya ajak Anda menelusurinya bersama.

MARI MENELAAH !!!

A. SEJARAH PENEMUAN ANGKA 0 SAMPAI 9

Dahulu kala sebelum angka berbentuk seperti yang sekarang ini, Orang-orang India telah mengenal angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9. Kemudian pada masa-masa berikutnya, orang India mengajarkannya kepada orang-orang Persia yang ada di India, dan setelahnya orang-orang Persia membawa ilmu tersebut ke tanah airnya, kemudian mereka mengajarkannya kepada orang-orang Arab. Setelah orang-orang arab mengenal angka-angka tersebut, pada masa-masa selanjutnya angka-angka tersebut kemudian dikembangkan oleh Kebudayaan Islam di Baghdad sehingga angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 lebih dikenal sebagai angka hindu-arab dan terkadang hanya disebut sebagai angka arab. Lalu, siapa penemu angka 0?, karena sesungguhnya hanya tersisa angka itu saja yang belum ada di dunia ini pada saat itu.

image
Ya, dia adalah Al-Khawarizmi, salah satu intelektual muslim yang mahir dan terkemuka, menyumbangkan karyanya di bidang matematika, geometri, musik dan sejarah. Bukan hanya itu saja, Ia juga merupakan ilmuwan astronomi sekaligus ilmu bumi. Jasa beliau sangat besar dalam mendirikan fondasi matematika modern yang kita lihat dewasa ini, dan termasuk pengembang ilmu geometri dengan angka-angka untuk persamaan kuadrat. Dia, Al-Khawarizmi, penemu angka “penting” di dunia ini.

B. PERKEMBANGAN BENTUK ANGKA

bentuk angka dulu tentu saja berbeda dengan bentuk angka yang sekarang ini. Jika kita berbicara angka romawi yang menggunakan huruf, yaitu I II III IV V… dst, kita tidak akan menemukan angka 0 di dalamnya. Oleh karena itu, kita akan langsung saja membahas menurut angka arab - pengembangan ilmuwan muslim - modifikasi terkini.

Angka arab yaitu angka 0-9. Dan ternyata, angka-angka zaman sekarang ini merupakan modifikasi dari angka arab yang didasarkan atas perhitungan sudut, lihatlah gambar di bawah ini.

image

Angka 0 misalnya, tidak mempunyai sudut, angka 1  mempunyai satu sudut, angka 2 mempunyai 2 sudut, dan seterusnya. Dan sekitar pada abad ke 9 masehi, angka-angka itu mulai diperkenalkan ke dunia Eropa oleh Ilmuwan muslim, melalui afrika utara dan wilayah-wilayah lainnya. Dan tentu saja, digunakan hingga sekarang !!! walaupun bentuknya sedikit dimodifikasi dari aslinya.

PENUTUP

Angka-angka tersebut sungguh bagaikan hal yang “wajib” dalam pelajaran matematika. Bagaimana tidak, matematika pasti melibatkan angka-angka di dalamnya. Dan Alhamdulillah, di zaman kita sekarang perhitungan sudah tidak dipusingkan lagi karena jasa-jasa para Ilmuwan-ilmuwan terdahulu, Subhanallah. Tentu semua ini berkat rahmat, karunia, serta petunjuk dari-Nya untuk seluruh Umat Manusia, Alhamdulillah.

Sekian dulu, semoga bermanfaat. Salam pengetahuan yang menginspirasi.\disadur dari berbagai sumber dengan olah bahasa Admin.

16 comments:

  1. Jadi penemu angka sebelas sampai selanjutnya siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. angka 11 bukan penemu tetapi diciptakan pulah. caranya diambil dari angka 1 maka menjadi 1+1 menjadi angka 11. dan seterusnya,

      Delete
    2. 11 bukan angka tapi bilangan. Angkanya 1 dan 1

      Delete
  2. Jadi penemu angka sebelas sampai selanjutnya siapa?

    ReplyDelete
  3. mengapa tidak ditampilkan wujud angka batu aksara india?

    ReplyDelete
  4. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  5. Saya rasa info ny slh...
    Setau yg saya pelajari..
    Islam berdiri di abad 14-16...

    Sedangkan angka sudah ada sblm kemunculan islam di dunia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo yg salah men muhammad lahir tahun 571 masehi. .

      Delete
    2. Einstein aja meninggal uda tahun 1900 san..makanya salah satu bab matematika ada nama algoritma..diambil dari nama penemu angka itu

      Delete
    3. Einstein aja meninggal uda tahun 1900 san..makanya salah satu bab matematika ada nama algoritma..diambil dari nama penemu angka itu

      Delete
    4. Lo yg salah men muhammad lahir tahun 571 masehi. .

      Delete
    5. enggk kok dia bener...angka "nol"memang "dikemukakan" oleh Al-khawazimi tapi penggunaan angka nol sendiri udh digunain sejak lama sebelum dikemukakan tnpa kesadaran (sama kyk is.newton bikin teori grafitasi)

      Delete
  6. Ilmu sejarahnya payah pak thompson ni,abad ke 13 itu sejarah Islam masuk ke indonesia,kalo sekolah dulu di pelajaran matematika ada algoritma dan aljabar,dari namanya aja sdah bsa di identikkan dgn nama islam.
    Aljabar di temukan oleh bpk khowariz makanya bpk khowariz di sebut sebagai bpk Aljabar

    ReplyDelete
  7. Ilmu sejarahnya payah pak thompson ni,abad ke 13 itu sejarah Islam masuk ke indonesia,kalo sekolah dulu di pelajaran matematika ada algoritma dan aljabar,dari namanya aja sdah bsa di identikkan dgn nama islam.
    Aljabar di temukan oleh bpk khowariz makanya bpk khowariz di sebut sebagai bpk Aljabar

    ReplyDelete
  8. subhanallah yaa padahal banyak ilmuwan islam yang sangat berjasa

    ReplyDelete

Kritik & Saran Anda sangat Saya Butuhkan.. Silahkan berkomentar dengan Bahasa yang Sopan. Komentar tidak boleh mengandung unsur pornografi, atau link hidup. Terima kasih.